Tips Melakukan Perjalanan Mudik Bersama Si Kecil

Ramadhan hampir tiba dan berbagai persiapan pastinya sudah dilakukan. Mulai dari mempersiapkan makanan yang akan dihidangkan, membersihkan rumah, persiapan fisik, dan pastinya persiapan mental. Selain berbagai persiapan tersebut orang-orang juga telah sibuk memesan tiket mudik lebaran untuk berbagai jenis moda transportasi baik kereta api, bus, pesawat, ataupun kapal laut. Ya, meskipun ramadhan belum dimulai namun pemesanan tiket mudik lebaran sudah mulai bisa dilakukan. Dari tahun ke tahun tiket mudik lebaran laris manis bahkan banyak yang kehabisan sehingga penyedia layanan transportasi seperti kereta api sampai harus menurunkan armada tambahan. Nah, jika tiket mudik lebaran sudah di tangan dan anda bersama keluarga tinggal meluncur ke kampung halaman maka ada baiknya anda mencermati tips-tips berikut terutama jika mudik dengan membawa bayi. Idealnya bayi di bawah 2 tahun sebaiknya jangan dibawa bepergian jauh terlebih dahulu. Namun jika kondisinya mengharuskan demikian maka ada beberapa tips yang bisa dicoba agar perjalanan bersama si kecil saat mudik terasa aman dan nyaman.

Pilihlah Alat Transportasi yang Aman dan Nyaman

Jika anda terpaksa harus membawa bayi menaiki alat transportasi umum untuk mudik lebaran maka sebaiknya pilih alat transportasi yang dirasa aman dan nyaman bagi bayi. Sedapat mungkin pilih kursi yang nyaman dan bisa diatur sandarannya sehingga anda dan bayi bisa istirahat dengan nyaman. Selain itu pilih alat transportasi yang menyediakan fasilitas pendingin udara dan air bersih yang cukup sehingga si kecil merasa nyaman dan tidak kepasanan serta mudah dibersihkan ketika si kecil buang air. Ini harus menjadi salah satu pertimbangan utama ketika anda memesan tiket mudik lebaran.

Persiapkan Keperluan Bayi

Tips lainnya yang  bisa anda lakukan agar perjalanan mudik anda bersama bayi terasa nyaman adalah dengan mempersiapkan segala keperluan bayi dengan baik dan diatur dengan rapi sehingga mudah dijangkau ketika diperlukan. Jika tiket mudik lebaran sudah di tangan dan hari keberangkatan sudah dekat maka segeralah mempersiapkan berbagai macam keperluan bayi selama perjalanan mulai dari baju ganti, handuk, tisu basah, minyak telon, susu dan botol susu, mainan bayi, jaket, kaos kaki, topi, serta termos untuk membawa air panas.

Usahakan Bayi Berangkat Mudik dalam Keadaan Fit

Melakukan perjalanan jauh bagi bayi bukanlah hal yang mudah sehingga sebagai orangtua anda harus mempersiapkan kesehatannya dengan baik menjelang keberangkatan. Ini penting sekali karena berhubungan daengan daya tahan tubuh bayi selama perjalanan. Apalagi bayi yang fit biasanya lebih tenang dibandingkan bayi yang sedang dalam keadaan kurang sehat. Anda tentu tidak ingin direpotkan dengan kerewelan bayi dalam perjalanan karena kondisi kesehatannya yang kurang fit.

Bawa Suami, Teman, atau Keluarga untuk Menemani Selama Perjalanan

Mengurus bayi di perjalanan bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika bayi rewel sehingga harus sering ditenangkan. Untuk itu jika melakukan perjalanan jauh seperti mudik sebaiknya jangan dilakukan hanya berdua si kecil saja. bawa orang dewasa lain seperti suami, teman, atau sanak keluarga yang dapat membantu jika sewaktu-waktu si kecil rewel dan sulit ditenangkan. Seperti saat anda ingin buang air ke kamar mandi namun tiba-tiba bayi rewel, perlu ada bantukan orang dewasa lainnya untuk memegang bayi sebentar sementara anda di kamar mandi.

Sudah tidak ragu lagi bukan untuk membawa si kecil mudik ke kampung halaman. Dengan mencoba tips-tips di atas maka perjalanan anda bersama si kecil akan terasa lebih nyaman. Tunggu apa lagi? Segera pesan tiket mudik lebaran sekarang juga dan rasakan pengalaman melakukan perjalanan bersama si kecil.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *