Tips Terhindar Dari Berita Hoax Di Media Sosial

7 Cara Mencegah Berita Hoax Menyebar, Millennials Harus Berkontribusi!

Akhir – akhir ini kita tidak asing lagi atau bahkan sering mendengar sebuah kata yaitu hoax pada berita berita yang menyebar di sekitar kita, terlebih sering kita lihat pada beberapa media sosial yang kita miliki. banyak berita – berita hoax yang menyebar dan bermunculan yang dapat membuat kita heboh setelah membaca berita tersebut. Berita hoax dapat sangat cepat beredar dikarenakan dengan kecanggihan media yang mumpuni untuk saat ini. Untuk itu bagaimana sih caranya, agar kita bisa menghindari dan juga tidak mengkonsumsi secara mentah dari berita-berita hoax yang seringkali beredar di sekitar kita, langsung saja untuk simak ulasan ini mengenai tips terhindar dari berita hoax di media sosial. 

Teruslah kembangkan rasa keingintahuanmu atau rasa penasaran setiap saat, termasuk pada saat anda sedang membaca atau menonton suatu berita. Anda perlu mengecek terlebih dahulu sumber dari suatu berita tersebut dan hindari untuk langsung menyebarkan berita terlebih dahulu sebelum anda mengetahui kebenarannya. Banyak manfaat yang bisa anda dapatkan jika anda mempunyai rasa keingintahuan yang besar pada situasi tertentu, dimana pemikiran anda akan lebih terbuka dan tidak hanya terfokus dengan satu ideology saja.Selalu perhatikan sumber keaslian alamat dari situs laman atau berita yang anda jumpai. Misalnya, jika anda memperoleh berita dari suatu artikel, maka cobalah untuk perhatikan tautannya, apakah tautan berikut berupa blog ataupun dari media berita asli. Selalu berhati – hati dengan sebuah judul berita ataupun artikel yang merujuk pada provokatif, banyak sekali kita jumpai sebuah judul berita yang bersifat seperti provokatif bahkan menghasut para pembaca berita tersebut. akan lebih bahaya jika isi dari berita tersebut di ambil dari sebuah media ataupun dari surat kabar resmi yang kemudian di edit agar sesuai dengan presepsi yang di inginkan oleh pembuat hoax tidak bertanggung jawab. Maka dari itu, anda bisa mengecek kebenarannya melalui mesin pencari, memastikan untuk membaca dari media berita yang ada, dan mencoba untuk membandingkan dengan berita-berita yang sebelumnya dibaca.  

Jangan sampai terkecoh apalagi melakukan tindakan seperti pada saat menemukan berita berupa video yang ada pada salah satu media yaitu facebook, kemudian langsung mencari tahu bagaimana cara download video di facebook, kemudian saat itu juga mendownload nya dan langsung menyebarkan berita video tersebut tanpa bertanggung jawab atas keasliannya, hindarilah perilaku yang seperti ini. Selain video, jika berita tersebut berupa foto, maka perhatikanlah keaslian dari foto tersebut. untuk saat ini tidak sedikit berita berupa foto-foto yang telah di manipulasi keasliannya, bisa saja hal tersebut digunakan sebagai tujuan untuk memprovokasi. Namun jangan khawatir, jika anda ingin mengecek keaslian dari berita berupa foto tersebut, anda bisa memeriksanya dengan menggunakan mesin pencari google images dengan tautan images.google.com, kemudian mengunggah foto tersebut dengan fitur drag and drop, dan setelah itu barulah anda dapat membandingkan hasil dari foto tersebut bahwa foto tersebut hoax atau benar adanya.

Agar dapat terhindar dari berita hoax, anda bisa bergabung pada grup-grup yang tersedia pada beberapa media sosial yang tentunya sangat berguna untuk dapat mendiskusikan jika ada berita baru yang kontroversi. Dan yang terpenting segeralah untuk anda melaporkan atau mengadukan jika menemukan  suatu berita hoax kepada kementrian komunikasi dan informatika atau yang sering kita sebut dengan kominfo. Sekian dan terimakasih, semoga informasi ini berguna juga bermanfaat. 

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *